Jumat, 02 Januari 2009

Creative Sound Blaster Play Kualitas Lebih Dengan Kartu Eksternal




Nyaris semua sistem PC, notebook dan Netbook/UMPC biasanya sudah menyertakan komponen pengolah audio secara internal sehingga tak perlu membelinya secara terpisah. Namun rata-rata chip audio yang digunakan adalah codec konvensional yang seringkali menawarkan output standar yang kualitasnya agak “kering” jika dibandingkan sistem audio berkelas. Untuk itulah sebagian produsen menciptakan kartu suara alternatif yang lebih baik, contohnya Sound Blaster Play! Dari Creative ini.

Sound Blaster Play! Hadir dalam bentuk stick USB yang dapat langsung dikoneksikan ke komputer lewat port USB. Tidak diperlukan instalasi driver tersendiri karena Creative sudah membenamkan driver internal dalam peranti ini sehingga benar-benar mudah dipakai.

Meski bentuknya mungil, Play! Telah mengusung fitur audio lazimnya produk audio Creative lainnya seperti CMSS untuk mewujudkan audio surround, EAX Advanced HD yang memproses audio 3D jadi amat realistik, serta Alchemy yang mampu mengubah audio bersistem DirectSound 3D (DS3D) yang biasa dipakai game jemis lama menjadi audio yang lebih kaya efek di Windows Vista.

Membandingkan kualitas audio antara codec internal yang kami gunakan (Realtek ALC888) dengan Sound Blaster Play! Cukup terasa bedanya. Komposisi audio dari Play! Terasa lebih jernih dengan tingkat surround yang lebih luas, bahkan meski menggunakan speaker stereo saja. Namun, tingkat kejernihan ini belum setaraf dengan model pro lainnya dari Creative karena memang Play! Belum menyertakan fitur X-Fi. Toh begitu peranti yang kompatibel dengan input/output stero 16-bit/48kHz ini sudah menawarkan kualitas yang cukup menyenangkan.

Paket yang disertakan juga menawarkan aplikasi dari Creative berupa Audio Center, MediaSource dan Alchemy untuk memaksimalkan penggunaan pengolah suara USB ini. Creative Sound Blaster Play! Dijual dengan harga Rp 330.000,00.
Spesifikasi:
Koneksi: USB 1.1
Signal-to-Noise Ratio (SNR): Input SNR 90dB
Main Chipset: 24-bit ADC: Cirrus-Logic CS65535
Features: CMSS, EAX Advance HD, Creative Alchemy

0 komentar:

Posting Komentar